Pages

Subscribe:

Senin, 14 November 2011

Mendeskripsikan Pengertian dan Fungsi Email Sebagai Alat Komuniasi

Penggunaan Internet Untuk Komunikasi
Email adalah singkatan dari Electronic Mail atau sering juga disebut surat elektronik.
Email atau surat elektronik adalah suatu cara untuk mengirimkan pesan dalam format data elektronik dari satu komputer ke komputer lainnya.
Email merupakan fasilitas internet yang paling banyak dimanfaatkan oleh pengguna. Dengan adanya adanya email maka akan mempermudah orang dari seluruh penjuru dunia untuk saling berkomunikasi dalam waktu singkat.
Salah satu alasan disebarluaskannya internet sebagai jaringan komputer internasional adalah fleksibilitas dari berbagai jenis komputer yang dapat terhubung dengan internet.

Fungsi Email Sebagai Alat Komunikasi

1. Alat komunikasi yang mudah, murah dan cepat. 
2. Dapat mengirimkan file berupa program, gambar, grafik, dan file lainnya. 
3. Dapat mengirim ke beberapa orang sekaligus secara bersamaan. 
4. Dapat digunakan untuk mengirimkan surat atau ucapan selamat kepada keluarga di kampung halaman atau di luar negeri. 
5. Dalam bidang bisnis, untuk melakukan kesepakatan bisnis atau mengirimkan dokumen penting.

Etika melakukan email

1. Benahi dulu susunan e-mail `forwards` Anda bila ingin mengirim kembali sebagian atau seluruh pesan pada pihak lain. Artinya, luangkan sedikit waktu untuk menghapus tanda “ atau “ yang biasanya muncul.
 

2. Gantilah `Subject` atau judul e-mail bila topik pembicaraan Anda berubah. Sering kali setelah saling bertukar e-mail beberapa kali, topik pembicaraan berubah dari aslinya, namun `Subject` atau judul e-mail belum juga diganti. Akan jauh lebih mudah untuk melacak e-mail yang masuk bila `Subject` disesuaikan dan dapat mencerminkan isi e-mail.

3. Hapuslah pesan `Reply` yang tidak perlu. Beberapa program e-mail secara otomatis memunculkan isi e-mail yang terdahulu bila Anda sedang membalas atau me-reply-nya. Ada baiknya Anda menghapus pesan tersebut dan hanya tinggalkan pesan yang benar-benar Anda anggap perlu

4. Jangan teruskan surat berantai. Anda tentu merasa terganggu dan jengkel bila seseorang mengirimi Anda sebuah e-mail tentang humor atau cerita-cerita, kemudian meminta Anda untuk meneruskannya dengan segera pada 10 teman Anda yang lain, atau bila tidak, maka Anda akan ketiban sial.Mengapa Anda juga bermaksud mengganggu dan membuat orang lain jengkel bila Anda meneruskan e-mail semacam ini? Hapus saja dengan menekan tombol `delete`.

5. Hormati privacy orang lain. Ini termasuk juga alamat e-mail mereka. Bila Anda sedang mengirim e-mail ke sejumlah orang yang mungkin satu sama lain tidak saling mengenal, gunakan `bcc` atau blind carbon copy agar alamat-alamat e-mail mereka tidak saling diketahui. Bila Anda mudah mengirim e-mail ke banyak alamat sekaligus tanpa mempertimbangkan saran ini, maka bersiap-siaplah untuk dikomplain karena mereka menerima spam.

6. Jangan melakukan spam. Mungkin saja Anda tidak sengaja melakukannya, tetapi banyak orang tidak menyadari jika mereka menggunakan alamat-alamat e-mail yang mereka dapat dari `forwarded e-mail`, kemudian menggunakannya tanpa permisi, ini termasuk bentuk spam.

7. Jangan berteriak-teriak. Menulis dengan mengaktifkan huruf besar (tombol `Caps Lock`) dapat diartikan sebagai pertanda kemarahan. Orang mungkin menganggap Anda sebagai pengguna internet yang tidak baik, atau tidak sopan sama sekali

8. Jangan mudah `terbakar`, over-reaksi, atau terburu-buru menghapus suatu e-mail tanpa berusaha memikirkannya dengan baik. Dalam bahasa tulis, kita memiliki waktu untuk memikirkan bagaimana kita merespons atas sesuatu e-mail yang membuat kita marah. Begitu juga dengan ber-e-mail ria. Bila Anda merasa dipenuhi dengan emosi yang kuat, kemudian menulis balasan dengan emosional pula, maka sebaiknya jangan buru-buru Anda kirim e-mail tersebut. Simpanlah dulu dalam `draft folder` selama beberapa hari untuk dibaca ulang. Banyak persahabatan yang hancur gara-gara terburu-buru menanggapi suatu e-mail tanpa berusaha memikirkannya dengan bijaksana.

9. Bersabarlah dalam menunggu `reply`. Ketahuilah, orang tidak hanya hidup dengan internet. Mereka mungkin tidak membalas e-mail Anda dengan segera. Masih banyak orang yang mengecek e-mail sepekan sekali.

10. Akuilah bahwa tidak semua orang senang menerima segala yang Anda anggap lucu. Jangan terus-menerus mengirimkan sesuatu pada mereka yang tidak pernah membalasnya, meskipun dengan ucapan terima kasih. Tidak semua orang setuju atau suka dengan materi yang kita forward-kan.



Mengelola Email
Pengelolaan email berarti dapat mengosongkan folder, atau memindahkan email ke folder khusus yang diinginkan. Email yang memenuhi inbox dan melebihi batas memory akan ditetapkan akan menyulitkan kamu ketika akan menghapus email tersebut.

Blog merupakan singkatan dari web log[1] adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Fungsi Blog 
 
1. Blog sebagai media searah:Bentuk ini hanya memaparkan pengalaman hidup penulis,atau satu nukilan, semata-mata hanya suka-suka saja, kemudian menutup ruang komen bagi pembaca.
2. Blog sebagai media dua arah:Bentuk ini serupa seperti yang pertama, hanya saja dengan cara ini, mampu memberi peluang kepada pembaca untuk memberi komen serta mengenali penulis seterusnya menjalin persahabatan melalui blog itu.
3. Blog sebagai media berbagai Tujuan:Bentuk ini pun hanya memiliki perbedaan tipis dengan dua bentuk diatas, jika keduanya hanya di buat dengan seadanya, yang ini di buat dengan tujuan tertentu. Diantaranya sebagai maklumat dan pendidikan, promosi barang jualan, dan pengiklanan.

· Maklumat dan Pendidikan:Blog jenis ini hanya boleh di buat oleh penulis yang berpendidikan ataupun yang mempunyai pengalamannya sendiri.
· Promosi barang/jualan :Blog jenis ini sekiranya kita tidak mampu membuatnya kita boleh mengupah orang lain, yang penting kita ada barangs sendiri atau pun mengedarkan barangan orang lain yang ingin kita pasarkan.
· Pengiklanan:Blog jenis ini saya dapati adalah blog yang lebih mudah digunakan, kita hanya perlu mengetahui sedikit sebanyak cara dan teknik “blogging”. Bagi yang mampu bisa menggunakan domain dan hosting yang membutuhkan biaya seperti di www.namsahaz.com serta mengunakan weblog www.wordpress.com Salah satu contohnya adalah “Google Adsense” dan ini juga disebut dengan “pay per click”. Apabila kita menggunakan blog bentuk ini, maka kita berperan sebagai “Adsense Publisher”, yang mana kita berkerja dengan Google sebagai majikan. Setiap iklan yang diklik akan dibayar berupa cek setelah sampai minimum USD100 apabila nilai minimum tidak dapat dicapai pada bulan itu, maka akan dibawa ke hadapan hingga nilai USD100 cukup dan cek akan tiba di tangan anda.

Blog sebagai media dengan cara yang salah:Bentuk ini selalu di gunakan oleh mereka yang tidak bertanggungjawab, yang mereka tahu akan mendapat keuntungan secara mudah dengan memaparkan benda-benda yang dilarang, bagi mereka yang penting adalah uang. 



3 komentar:

Anonim mengatakan...

KEREEEEEN BANGETTTT !

Anonim mengatakan...

this is awesome blog ! i like it ;)

Anonim mengatakan...

daniel siapa komentar??????

Poskan Komentar

Hello !

Thanks for visiting my blog. please leave a comment :)